Beranda Akademik Pengumuman Prosedur Bimbingan Mata Kuliah dan Peminatan 2015-2016

Prosedur Bimbingan Mata Kuliah dan Peminatan 2015-2016

         
 
PROSEDUR BIMBINGAN MATA KULIAH/PEMINATAN
SEMESTER GASAL 2015/2016
   
 
         
  Bimbingan Mata Kuliah/Pemintan Dilaksanakan Mulai Tanggal 26 Agustus – 4 September 2015  
         
   
Sistem Bimbingan

   
 
  1. Secara Online (Pemilihan Mata Kuliah)
  2. Secara Manual (Pemilihan Peminatan/Mata Kuliah)

 
   

Ketentuan pengisian mata kuliah oleh mahasiswa:

   
   
Sebelum melakukan pengisian mata kuliah di komputer SIAK, mahasiwa wajib
membayar uang kuliah dan menyerahkan slip/bukti pembayaran kebagian registrasi di Akademik.
 
 
   

Pemilihan Peminatan (mahasiswa angkatan 2013 dan sebelumnya
yang belum mendapatkan peminatan):

   
 
  1. Mahasiswa melakukan konsulatsi ke koordinator peminatan dengan membawa form peminatan (form diambil di Prodi) untuk mendapatkan peminatannya, kemudian diserahkan ke akademik untuk di input ke siak sesuai dengan peminatannya.
  2. Setelah mendapatkan peminatan dan diserahkan ke akademik, mahasiwa dapat melakukan pemilihan mata kuliah secara on line atau manual.
  3. Mahasiswa yang belum mempunyai peminatan melakukan bimbingan mata kuliah ke Pembim-
    bing Akademik berdasarkan Angkatannya.
 
   

Sistem Pemilihan Mata Kuliah:

   
 
  1. Secara online : Mahasiwa langsung mengisi mata kuliah di siak untuk mendapatkan persetujuan dari Koordinator Peminatan atau Pembimbing Akademik.
  2. Secara Manual : Mahasiswa membawa form bimbingan (diambil diprodi) ketika melakukan bimbingan mata kuliah dengan koordinator atau pembimbing akademik. Kemudian mahasiwa mengisi mata kuliah di komputer SIAK.
 
   

Ketentuan Persetujuan Mata Kuliah
dari Koordinator Peminatan/Pembimbing Akademik:


   
 
  1. Setelah masuk ke SIAK akademik dosen login di Persetujuan KRS untuk menentukan nama mahasiswa dan mata kuliah yang disetujui atau di tolak.
  2. Dosen mencentang kotak disebelah kiri kode mata kuliah untuk menyetujui mata kuliah yang
    akan diambil mahasiswa (sesuai daftar mata kuliah yang akan diambil mahasiswa).
  3. Apabila ada mata kuliah yang tidak disetujui, dosen jangan mencentang kode mata kuliah
    tersebut. 
  4. Apabila Mahasiswa akan melakukan perubahan mata kuliah yang sudah disetujui dosen, maha-siswa harus konsultasi terlebih dahulu dan perubahan mata kuliah tersebut harus disetujui dosen, sebelum mahasiswa mengganti mata kuliah.
 
   

Catatan:

   
 
  1. Daftar Koordinator Peminatan/Pembimbing Akademik ditentukan Prodi.
  2. Apabila mahasiswa ingin mengubah mata kuliah yang sudah disetujui koordinator/Pembimbing akademik, Mahasiswa harus melakukan bimbingan dan persetujuan dari koordinator/Pembimbing akademik untuk pergantian mata kuliah tersebut.
  3. Mahasiswa yang membayar uang kuliah berdasarkan jumlah sks (Semester 7 ke atas utk D.3
    dan Semester 9 ke atas untuk S.1), harus melakukan bimbingan mata kuliah sebelum melaku-
    kan pembayaran.
  4. Teknis sistem bimbingan secara online atau manual diserahkan kepada Koordinator Peminatan
    atau Pembimbing Akademik.
  5. Mata kuliah yang tidak disetujui dosen, dianggap belum diambil dan tidak tercantum dalam ab
    sensi perkuliahan.
  6. Mahasiswa yang tidak melakukan pembayaran atau mengisi KRS di SIAK sampai tanggal 4 September 2015, secara otomatis dicutikan dan membayar uang cuti sesuai ketentuan di FFTV.