Beranda Berita

Kunjungan SMA Dharma Loka, Pekan Baru, Riau

 

 

 

Pada hari Kamis, tanggal 25 Januari 2018 pukul 13.00 WIB  Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta menerima kunjungan sebanyak 18 orang siswa dan 3 orang guru dari SMA Dharma Loka, Pekan Baru, Riau. Rombongan dipimpin oleh Kepala Sekolah SMA Dharma Loka, Ibu Dessy Pratiwi dan didampingi oleh 2 orang guru pendamping, yaitu Bapak Agung Kurniawan dan Ibu Mizaniatul Mala. Rombongan diterima di ruang Syuman gedung Art Cinema FFTV-IKJ oleh Kasubbag Akademik, Bapak Sunarno, SE., M.Sn., Kasubbag Teknik & Studio, Bapak M. Agus Sunaryono, dan Staf Sekretariat Dekanat saudari Indri Sonia

Tujuan dari kegiatan kunjungan tersebut adalah agar siswa dapat menggali dan mendapatkan informasi lebih lengkap FFTV-IKJ untuk meningkatkan minat berkuliah di FFTV-IKJ setelah lulus SMA.Sebelumnya, rombongan siswa diajak tur keliling fakultas untuk melihat sarana dan prasarana perkuliahan, dimulai dari mengunjungi Studio Tom, kemudian menuju studio Sound, studio Editing, dan studio Animasi.

Setelah selesai tur kampus, para siswa mendapatkan penjelasan tentang profil FFTV-IKJ oleh Bapak Sunarno, SE., M.Sn. Kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran film Tugas Akhir berjudul "Jagawana" dan ditutup dengan acara penyerahan goody bag dan foto bersama.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Studi Penghayatan Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat 2018

 

 

 

Kegiatan Studi Penghayatan Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat, mahasiswa Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta tahun 2018 telah selesai dilaksanakan. Kegiatan diselenggarakan selama enam hari, yaitu mulai tanggal 21 s.d. 26 Januari 2018 dipusatkan di Dukuh Gendeng, Desa Bangun Jiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta SPL yang berjumlah 203 orang mahasiswa semester 1 FFTV-IKJ diserah terimakan kepada kepada kepala Desa untuk dibina dan dibekali wawasan serta pengetahuan tentang proses pembuatan wayang, pedalangan dan cara memainkan alat musik gamelan.

Rombongan diterima dan disambut oleh segenap staf dan kepala Desa Bangun Jiwo, Bapak Parja, ST., M.Si. bertempat di aula kantor Desa Bangunjiwo pada hari Senin, 22 Januari 2018 pukul 08.00 WIB. Turut hadir para tokoh masyarakat, ketua dan perwakilan paguyuban pengrajin wayang kulit Ngudimulyo dan turut dihadiri pula oleh anggota DPRD Kabupaten Bantul, Bapak Bibit Rusmanto, SH.

Peserta dibagi menjadi 20 kelompok kecil yang kemudian dikerucutkan lagi menjadi 3 kelompok besar yang akan secara terpisah mempelajari bagaimana proses pembuatan wayang, mempelajari pedalangan dan memainkan alat musik gamelan. Selama 2 hari para mahasiswa digembleng teori tentang sejarah dan falsapah pewayangan, tokoh wayang dilanjutkan praktek membuat wayang kulit, namun media yang dipakai adalah hard cartoon. Sebanyak 2 kelompok dilatih untuk memainkan gamelan dan 14 orang dari 7 kelompok dilatih pedalangan, sisanya 11 kelompok membuat wayang.

Pada hari Rabu malam, bertempat di pendopo Desa Bangunjiwo dilakukan penampilan pentas wayang oleh 5 kelompok yang disaksikan oleh para mahasiswa, pamong desa, anggota paguyuban wayang Ngudi Mulya dan masyarakat sekitar. Acara berakhir pada pukul 23.00 WIB.

 

Keesokan harinya, pada hari Kamis, tanggal 25 Januari 2018 agenda kegiatan Studi Penghayatan Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat adalah ziarah kubur ke makam almarhun Bapak Gotot Prakosa, S.Sn., M.Hum., dosen sekaligus mantan Dekan Fakultas Film dan Televisi IKJ periode 2008-2012 di pemakaman Kintelan, Dipowinatan MG 1 No. 26, Keparakan Mergangsang DIY. Selain ziarah ke makam alm. Gotot Prakosa, sebagian rombongan jugaberziarah ke makam almarhum Soemardjono di daerah Lempuyangan. Soemardjono merupakan salah satu founding father Institut Kesenian Jakarta. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendoakan, mengenang dan mengapresiasi jasa guru-guru yang telah berpulang mendahului kita. 


Setelah selesai kegiatan ziarah perwakilan rombongan pimpinan FFTV, dosen dan karyawan berkunjung ke Grabag, Magelang. Rombongan diterima oleh Ki Hartanto dan disambut oleh siswa-siswa yang sedang “mondok” untuk menuntut ilmu tentang perfilman di padepokan Grabag TV yang diasuh langsung oleh Ki Hartanto.

Rangkaian acara kegiatan Studi Penghayatan Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat, mahasiswa Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta tahun 2018 ditutup dengan acara malam keakraban dengan menyuguhkan serangkaian acara yang dikemas dengan tajuk “FFTV-IKJ Got Talent 2018” bertempat di Raditio Hotel, Yogya dengan menampilkan pentas musik, tari dan awarding kepada juara “FFTV-IKJ Got Talent 2018”, serta awarding dari peserta kepada panitia.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pelepasan Rombongan Studi Penghayatan Lingkungan & Pengabdian Masyarakat 2018

 

 

 

Mahasiswa semester I Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta melaksanakan kegiatan Studi Penghayatan Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat tahun 2018 ke Dusun Gendeng, Desa Bangun Jiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan akan berlangsung selama 6 hari, dari tanggal 21 – 26 Januari 2018. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 203 orang dan dibimbing oleh 5 orang pembimbing internal, 5 orang pendamping dan 10 orang panitia pendukung.

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa akan belajar membuat wayang dengan media hard cartoon, belajar memainkan gamelan dan pedalangan. Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan lebih mengenal budaya dan kesenian lokal di daerah. Harapannya, mahasiswa bisa lebih menggali lebih dalam potensi-potensi budaya lokal dan mengangkatnya menjadi sebuah karya film.

Pelepasan rombongan peserta berlangsung pada minggu, 21 Januari 2018 pukul 07.30 WIB di depan Planetarium, kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta oleh Dekan FFTV IKJ, Bapak RB. Armantono, M.Sn.

Sebelumnya rombongan peserta mendapatkan pengarahan dari Wakil Dekan I FFTV yang sekaligus penanggungjawab kegiatan SPL, Bapak Arda Muhlisiun, M.Sn. Beliau memberikan sambutan tentang pentingnya mengikuti kegiatan ini sebagai bekal wawasan dan pengetahuan tentang budaya lokal didaerah.

 

 

Ketua SPL 2018 bapak Danu Murti, M.Sn dalam pembekalannya menekankan untuk selalu menjaga kesehatan, atitude dan nama baik Almamater. Selanjutnya peserta dilepas secara resmi untuk melaksanakan perjalanan ke dusun Gendeng, Desa Bangun Jiwo, Kasihan Bantul dengan menggunakan 5 buah bis.

 

 

 

Kegiatan SPL 2018 Hari Pertama

 

 

 

Kegiatan Studi Penghayatan Lingkungan (SPL) & Pengabdian Masyarakat, mahasiswa FFTV IKJ 2018 diawali dengan sarapan pagi bersama peserta dan panitia. Selanjutnya adalah pembagian kaos oleh panitia dan dilanjutkan dengan senam bersama yang di pimpin oleh Fazhar Japra bertempat di halaman Hotel Heryon, Yogyakarta.

Rombongan berangkat menuju ke balai Desa Bangun Jiwo pada pukul 08.00 WIB. Peserta diterima dan disambut oleh segenap staf dan kepala Desa Bangun Jiwo, Bapak Parja, ST., M.Si. bertempat di aula kantor Desa Bangun Jiwo. Turut hadir para tokoh masyarakat, ketua dan perwakilan paguyuban pengrajin wayang kulit dan turut hadir pula anggota DPRD Kabupaten Bantul, Bapak Bibit Rusmanto, SH.

Serangkaian acara telah disiapkan oleh panitia dan dimulai dengan sambutan Kepala Desa, sambutan anggota DPRD Kabupaten Bantul dan sambutan sekaligus serah terima rombongan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FFTV-IKJ, Bapak German G. Mintapradja. Secara simbolis, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, menyerahkan mahasiswa kepada kepala Desa untuk dibina dan dibekali wawasan dan pengetahuan tentang proses pembuatan wayang, pedalangan dan cara memainkan alat musik gamelan.

Acara selanjutnya adalah pembekalan dari koordinator lapangan dan perwakilan paguyuban Ngudi Mulya tentang sejarah Dukuh Gendeng dan proses pembuatan wayang.

Pembagian kelompok mahasiswa menjadi 20 kelompok kecil yang kemudian dikerucutkan lagi menjadi 3 kelompok besar yang akan mempelajari bagaimana proses pembuatan wayang, mempelajari pedalangan dan memainkan alat musik gamelan.

Dipenghujung acara penyambutan rombongan seluruh mahasiswa diajak berkeliling Dukuh dan mengunjungi paguyuban-paguyuban seni di Dukuh Gendeng. Menjelang makan siang para mahasiswa sudah menempati pos masing-masing untuk mengikuti Pelatihan Pembuatan Wayang, Karawitan dan Pedalangan secara lebih dalam.

 

Acara hari pertama selesai pada pukul 17.30 WIB dan mahasiswa kembali pulang ke hotel untuk istirahat.

 

 

 

 

Wisuda Institut Kesenian Jakarta 2017

Sidang Terbuka Senat Akademik Institut Kesenian Jakarta kembali dilaksanakan dalam rangka Wisuda Program Diploma, Program Sarjana dan Program Pasca Sarjana Tahun Akademik 2017/2018 bertempat di gedung Graha Bhakti Budaya, Komplek Taman Ismail Marzuki Jakarta, pada hari Rabu, 6 Desember 2017 mulai pukul 07.00 s.d. pukul 12.00 WIB.

Sebanyak 278 wisudawan mengikuti prosesi ini. Fakultas Film dan Televisi pada tahun 2017 ini melepaskan 10 orang wisudawan dari Program Studi D-III dan 103 wisudawan dari Program Studi S.1. Fakultas Seni Pertunjukan mewisuda 61 orang lulusan Program Studi S.1. Fakultas Seni Rupa mewisuda 77 orang lulusan Program Studi S.1 dan Program Pasca Sarjana mewisuda 23 orang Lulusannya.

Hadir dalam wisuda tahun ini Gubernur DKI Bapak Anies Baswedan dan memberikan sambutan sebelum acara wisuda dimulai. Rangkaian kegiatan lainnya yaitu pidato ilmiah berjudul "Para Agen Perubahan Dalam Seni Tari", yang dibawakan oleh Dr. R. Aj. Siti Nurchaerani Kusumastuti, S.Sn., M.Sos.

Selamat kepada semua wisudawan. Selamat Berkarya !

Lulusan Terbaik Program Pascasarjana

Devina Sofiyanti (IPK 3,96 predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Program Studi Televisi dan Film S.1

Batara Aji Pekerti (IPK 3,68 Predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Program Studi Televisi dan Film D-III

Erina Adeline Tandian (IPK 4,00 Predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Rupa S.1 Desain Interior

Vicha Nayla Salma (IPK 3,52 predikat Pujian

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Rupa S.1 1 DKV

Oswald Isak (IPK 3,57 Predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Rupa S.1 Desain Produk

Hans Merry (IPK 3,63 predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Rupa S.1 Kriya Seni

Amanda Pamela Putri (IPK 3,07 predikat Sangat Memuaskan)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Rupa S.1 Seni Murni

Citra Leonita (IPK 3,50 predikat Sangat Memuaskan)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Pertunjukan S.1 Antropologi Tari

Rizky Ramadhan Baihaqy (IPK 3,49 predikat Sangat Memuaskan)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Pertunjukan S.1 Etnomusikologi

Uswatun Hasanah (IPK 3,66 predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Pertunjukan S.1 Seni Musik

Natalia Jahja (IPK 3,78 predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Pertunjukan S.1 Seni Tari

Dwi Maharani Pane (IPK 3,46 Predikat Sangat Memuaskan)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Pertunjukan S.1 Seni Teater

Annisa Herlin Anetasya (IPK 3,21 Predikat Sangat Memuaskan

 

Sub Kategori