Beranda Berita

Wisuda Institut Kesenian Jakarta 2017

Sidang Terbuka Senat Akademik Institut Kesenian Jakarta kembali dilaksanakan dalam rangka Wisuda Program Diploma, Program Sarjana dan Program Pasca Sarjana Tahun Akademik 2017/2018 bertempat di gedung Graha Bhakti Budaya, Komplek Taman Ismail Marzuki Jakarta, pada hari Rabu, 6 Desember 2017 mulai pukul 07.00 s.d. pukul 12.00 WIB.

Sebanyak 278 wisudawan mengikuti prosesi ini. Fakultas Film dan Televisi pada tahun 2017 ini melepaskan 10 orang wisudawan dari Program Studi D-III dan 103 wisudawan dari Program Studi S.1. Fakultas Seni Pertunjukan mewisuda 61 orang lulusan Program Studi S.1. Fakultas Seni Rupa mewisuda 77 orang lulusan Program Studi S.1 dan Program Pasca Sarjana mewisuda 23 orang Lulusannya.

Hadir dalam wisuda tahun ini Gubernur DKI Bapak Anies Baswedan dan memberikan sambutan sebelum acara wisuda dimulai. Rangkaian kegiatan lainnya yaitu pidato ilmiah berjudul "Para Agen Perubahan Dalam Seni Tari", yang dibawakan oleh Dr. R. Aj. Siti Nurchaerani Kusumastuti, S.Sn., M.Sos.

Selamat kepada semua wisudawan. Selamat Berkarya !

Lulusan Terbaik Program Pascasarjana

Devina Sofiyanti (IPK 3,96 predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Program Studi Televisi dan Film S.1

Batara Aji Pekerti (IPK 3,68 Predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Program Studi Televisi dan Film D-III

Erina Adeline Tandian (IPK 4,00 Predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Rupa S.1 Desain Interior

Vicha Nayla Salma (IPK 3,52 predikat Pujian

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Rupa S.1 1 DKV

Oswald Isak (IPK 3,57 Predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Rupa S.1 Desain Produk

Hans Merry (IPK 3,63 predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Rupa S.1 Kriya Seni

Amanda Pamela Putri (IPK 3,07 predikat Sangat Memuaskan)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Rupa S.1 Seni Murni

Citra Leonita (IPK 3,50 predikat Sangat Memuaskan)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Pertunjukan S.1 Antropologi Tari

Rizky Ramadhan Baihaqy (IPK 3,49 predikat Sangat Memuaskan)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Pertunjukan S.1 Etnomusikologi

Uswatun Hasanah (IPK 3,66 predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Pertunjukan S.1 Seni Musik

Natalia Jahja (IPK 3,78 predikat Pujian)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Pertunjukan S.1 Seni Tari

Dwi Maharani Pane (IPK 3,46 Predikat Sangat Memuaskan)

Lulusan Terbaik Fakultas Seni Pertunjukan S.1 Seni Teater

Annisa Herlin Anetasya (IPK 3,21 Predikat Sangat Memuaskan

 

Tes Kesehatan Dosen

Sebanyak sembilan orang dosen FFTV-IKJ dari Program Studi Televisi dan Film melaksanakan tes kesehatan pada tanggal (4-5/12/2017) bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah Budi Asih, Cawang Jakarta Timur. Tes kesehatan ini dilakukan dalam rangka melengkapi persyaratan untuk registrasi NIDN/NUPN di Kopertis Wilayah III Jakarta. Adapun tes yang dilakukan meliputi tes kesehatan jasmani, kesehatan rohani dan bebas narkotika.

 

 

Rapat Kerja Forum Perpustakaan FPPTSI

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni Indonesia (FPPTSI) kembali menggelar rapat kerja tahunan untuk membahas permasalahan-permasalahan dan perkembangan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni Indonesia yang diselenggarakan pada hari Kamis, 16 November 2017 bertempat di gedung Perpustakaan STKW Surabaya. Acara dibuka oleh Wakil Ketua bidang II STKW, Bapak Drs. Arif Rofiq, M.Si.

 

Agenda yang dibahas diantaranya mengenai kerjasama antar anggota forum, jaringan informasi forum berbasis IT, data base koleksi perpustakaan, penentuan waktu dan tempat untuk rapat kerja forum perpustakaan selanjutnya, dan merancang program acara untuk keikutsertaan dalam Festival Kesenian Indonesia  2018 di STKW Surabaya.

Kegiatan raker dihadiri oleh Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni, Bapak Yurisman Jafarsani, S.Sn., M.Sn., Dewan Pengawas FPPTSI Bapak Arda Muhlisiun, M.Sn.,  perwakilan dari seluruh anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni Indonesia, yaitu: Pengurus perpustakaan STKW Surabaya selaku tuan rumah, pengurus perpustakaan ISI Surakarta, ISI Yogyakarta, ISI Denpasar, ISI Padang Panjang, ISBI Bandung dan IKJ Jakarta yang dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Arifin, Saudara Julita Pratiwi, S.Sn. Sementara ISBI Aceh dan ISBI Papua berhalangan hadir.

 

Workshop Visual Tata Artistik

Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta menyelenggarakan Workshop Visual Tata Artistik untuk mahasiswa semester 3 dan 5 yang digelar pada hari ini bertempat di Studio Tom FFTV-IKJ. Kegiatan workshop dimulai pada pukul 08.00 dan selesai pada pukul 15.00 WIB. Kegiatan ini mengacu kepada Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah “Konsep dan Desain Tata Artistik” untuk mahasiswa semester 3 (tiga), Mata Kuliah “Special Effect” untuk mahasiswa semester 5 (lima), Mata Kuliah “Teori & Praktika Tata Artistik” untuk mahasiswa semester 5 (lima), dan Mata Kuliah “Production Design” untuk mahasiswa semester 7 (tujuh) yang ingin mengetahui kerja Visual Tata Artistik

 

Narasumber kegiatan ini terdiri dari para dosen di FFTV-IKJ, yaitu: Bintang Doeana, M.Sn., Indrayanto, S.Sn., Tengku Russian, Han Revo Joang, S.Sn., Allan Sbastian, Irawan, Esra F. Tampubolon, S.Sn., Rara Gita Atmoko, S.Sn., dan Dave.

Adapun materi yang di berikan adalah make up effect dan special effect

Kunjungan Siswa SMK Mamb’ul Ulum Cirebon

Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta menerima kunjungan 80 orang siswa dan 3 orang guru pembimbing dari SMK Mamb’ul Ulum Kabupaten Cirebon pada hari Selasa, 14 November 2017 pukul 15.00 WIB. Kegiatan tersebut merupakan kunjungan industri Program Keahlian Multimedia. Rombongan diterima oleh Sekretaris Program Studi Produksi Film dan Televisi D-III, Ibu Noviana Setyaji, S.Sn., staf Sekretariat Dekanat, Saudari Indri Sonia dan alumni yang juga pengajar FFTV, Bapak Andhy Pulung.

Tujuan dari kegiatan kunjungan industri supaya siswa yang hadir bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan tentang proses pasca produksi, produksi, dan pos produksi baik produksi film maupun program televisi. Dalam kesempatan ini, Bapak Andhy Pulung berbagi ilmu dan pengalamannya bersama para siswa selama kurang lebih 1 jam. Setelah selesai sharing ilmu dan pengalaman, kegiatan dilanjutkan dengan acara penyerahal plakat dan foto bersama.

Ibu Chaerunisa, S.AB. selaku guru dan ketua rombongan, mengucapkan terima kasih kepada FFTV-IKJ yang telah bersedia menerima kunjungan rombongan dari SMK Mamb’ul Ulum serta terima kasih telah bersedia berbagi ilmu dan pengalamannya dalam membuat produksi film maupun produksi program televisi. Rangkaian kegiatan ditutup dengan menonton film Tugas Akhir yang berjudul “Perempuan Yang Bahagia”.

Sub Kategori