Beranda Berita

Informasi Beasiswa Unggulan Pusbang Film/BPKLN Kemendikbud TA 2018

Dalam rangka membentuk insan perfilman berkualitas melalui pendidikan formal bergelar, Pusat Pengembangan Perfilman dan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memanggil putra dan putri terbaik bangsa untuk mendapatkan BEASISWA UNGGULAN BIDANG PERFILMAN Tahun 2018 untuk jenjang S.1 di Fakultas Film dan Televisi, Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ). Untuk penjelasan lebih lanjut dapat mengakses

https://bit.ly/juknisbuperfilman

Pertanyaan dan informasi:

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penerimaan Mahasiswa Baru Reguler Gelombang 1 TA 2018/2019

Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta Gelombang 1 dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 7 April 2018 di Gedung FFTV-IKJ, Jl. Cikini Raya No. 73, Menteng, Jakarta Pusat. Sebanyak 80 orang calon mahasiswa hadir mengikuti ujian seleksi yang akan memilih Program Studi S.1 dan D-III. Penerimaan calon mahasiswa reguler masih terbuka untuk 3 gelombang kedepan. Pendaftaran gelombang 4 akan ditutup pada tanggal 8 Agustus 2018.

 

 

Pameran Fotografi dan diskusi Fotografi

Bertempat di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Peminatan Fotografi Fakultas Film dan Televisi Institut kesenian Jakarta menyelenggarakan Lomba Foto hitam putih 2018 dan diskusi fotografi. Kegiatan ini merupakan tahun kedua diselenggarakan dan akan menjadi agenda tahunan peminatan fotografi FFTV-IKJ. Tema kali ini bertajuk  “Semangat Anak Indonesia Dalam Bingkai Hitam Putih”. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Lomba Fotografi yang diselenggarakan pada bulan November  2107- Februari 2018.

Tim dewan juri lomba fotografi terdiri dari Dr. Seno Gumira Ajidarma (Rektor IKJ),         Enny Nuraeni (Mantan Fotografer Reuters), dan Darwis Triadi (Fotografer Senior). Lebih dari 500 foto yang dikirimkan oleh peserta lalu diseleksi menjadi 60 foto terpilih dari 2 kategori umum dan jurnalistik. Kemudian 60 foto terpilih disaring kembali menjadi 6 foto sebagai pemenang di masing-masing kategori. Pameran berlangsung pada tanggal  19-22 Maret kemarin.

Dalam sesi diskusi Fotografi, hadir beberapa narasumber, yaitu Adek Berry (Fotografer Senior AFP) mengambil tema "Mata Lensa: Jejak Ketangguhan Fotografer Wanita".  Fendi Siregar (Pengajar fotografi FFTV-IKJ) dengan tema "Street Photography" dan  Tjandra M. Amin (fotografer Senior) dengan tema "Sport Colour" dan Foto Cerita Dibalik Personil Slank.

 

 

Berikut adalah para pemenang lomba berdasarkan 2 kategori, Umum dan Jurnalis, yaitu:

Umum

Juara I

 I wayan Suka A.

"Bersujud DihadapanMu"

 

Juara II

M. Bahrul Ulum

"Semangat Belajar"

 

Juara III

Wibowo Raharjo

"Antusias Anak-anak"

 

Jurnalis

Juara I

Ferbian Pradolo

"Berlari Diatas Tumpukan Sampah"

 

Juara II

Yusuf nugroho

"Semangat Berangkat Sekolah"

 

Juara III

Eko siswono T.

"Sekolahku Istanaku"

 

 

 

Pengabdian Masyarakat Masyarakat Prodi Produksi Film dan Televisi D-III

 

 

Program Studi Produksi Film dan Televisi D-III, Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ) melaksanakan program Pengabdian Masyarakat yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 28 Maret 2018 bertempat di The Paseban Hidden Paradise, Desa Megamendung, Puncak, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan memberikan workshop Produksi Film dan Televisi kepada sekitar 60 siswa-siswi SMK Fajar Utama, jurusan multimedia.

 

 

Workshop diampu oleh dosen Prodi D-III bapak Satrio Pamungkas M. Sn. yang memberikan materi Produksi Film dan TV, dan bapak Hanief Jerry, M.Sn. bertindak sebagai moderator. Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab seputar persiapan dan produksi film televisi.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Adit, Ketua Yayasan, Kepala SMK Fajar Utama,     Ibu Siti Husniah, S.Pd.I, dan beberapa staf pengajar lainnya. Siti Husniah menyampaikan rasa gembira dan terima kasih karena anak-anak didiknya bisa mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang produksi film langsung dari dosen dan praktisi dibidangnya. Siti Husniah juga berharap kegiatan ini tidak berakhir sampai disini tetapi ada kegiatan-kegiatan serupa lainnya dimasa datang.

 

 

 

Kunjungan Jogja Film Academy

 

 

 

Kunjungan rombongan dari Jogja Film Academy (JFA) ke Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ) pada hari Rabu, tanggal 28 Februari 2018, berjumlah 11 orang yang dipimpin oleh Bapak Ifa Isfansyah, S.Sn. selaku Direktur JFA, Bapak Sri Nugroho, Ketua Program Studi, para staf pengajar dan staf akademik. Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding untuk pendirian program Diploma, Jogja Film Academy.

Rombongan diterima di ruang Syuman FFTV oleh Kaprodi Film dan Televisi S.1, Kaprodi Produksi Film dan Televisi D-III, Kasubbag Akademik, Kasubbag Studio dan peralatan, Kaur. Administrasi Bidang Kerjasama, dan staf skeretariat FFTV.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan diskusi tentang pengelolaan Program Studi, proses akreditasi, pelaporan dosen dan mahasiswa ke Kopertis, dan diakhiri dengan kegiatan tur kampus untuk melihat fasilitas pendukung praktek mahasiswa serta sarana/prasarana perkuliahan.

 

 

 

 

Sub Kategori