Beranda Berita Workshop fFilm Animasi Bersama Simmon Allen

Workshop fFilm Animasi Bersama Simmon Allen

Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Australia di Jakarta menggelar kegiatan masterclass film animasi, dengan narasumber Simon Allen, seorang animator profesional terkemuka dan dosen dari Australia. Kegiatan workshop  diselenggarakan pada hari Senin, tanggal 7 Agustus 2017 bertempat di Studio Tom FFTV-IKJ. Seratusan peserta yang terdiri dari mahasiswa, siswa SMA/SMK, pengajar, dan praktisi animasi hadir mengikuti kegiatan ini. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir para pimpinan struktural Fakultas, diantaranya Dekan FFTV, Bapak RB. Armantono, M.Sn., Wakil Dekan Bidang Akademik, Bapak Arda Muhlisiun  dan Wakil Dekan bidang Kerjasama, Ibu Suryana Paramita, M.Sn.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Institut Kesenian Jakarta, Ibu Suzen HR. Tobing, S.Sn., M.Hum. selanjutnya sambutan dari Counsellor Australian Embassy Jakarta, Alison Purnell dan ditutup dengan sambutan dari Ketua Peminatan Animasi, Bapak Rachmat Rizal, S.Sn.

Dalam paparannya, Simon Allen menjelaskan tentang bagaimana proses kreatif dan Inovasi  dibutuhkan dalam membuat film animasi. Kolaborasi dengan banyak crew, serta bagaimana inovasi menjadi satu kebutuhan yang penting untuk bertahan dalam sebuah industri di mana teknologi terus berkembang dengan pesat. Kontribusi Simon Allen pada produksi film-film animasi Hollywood, diantaranya film Wall-E, Up, Toy Story 3, Brave, Cars 2, dan masih banyak lagi.

Kunjungan Simon Allen ke Indonesia adalah dalam rangka “ModCon Digital Arts Competiton”. ModCon adalah wadah kreatif untuk para mahasiswa dan seniman muda Australia dan Indonesia. Peserta ModCon diminta untuk mengirimkan karya seni digital dengan bertemakan #AussieBanget. Saat ini, terdapat sepuluh karya terbaik yang sedang bersaing untuk memenangkan kesempatan ke Australia melalui pemilihan di akun Instagram @KedubesAustralia.