Beranda Berita SEMINAR PERPUSTAKAAN

SEMINAR PERPUSTAKAAN

Dalam rangka Dies Natalies yang ke-53, Institut Seni Indonesia Surakarta menyelenggarakan Seminar Nasional “Eksistensi Perpustakaan: masa Silam, Era Kekinian & Masa Depan” yang digelar di ruang seminar ISI Surakarta pada tanggal 27 September 2017. Tampil sebagai pembicara Safirotu Khoir, Ph.D., staf pengajar Manajemen Informasi dan Perpustakaan UGM serta Chandra Pratama Setiawan, S.IIP, M.Sc., Pustakawan Universitas Kristen Petra Surabaya.

Perwakilan Perpustakaan Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ) turut menghadiri kegiatan seminar tersebut yang diwakili oleh Bapak Arda Muhlisiun, M.Sn., Wakil Dekan Bidang Akademik, Saudari Julita Pratiwi, S.Sn., Kepala Perpustakaan FFTV dan saudara Jerry Yandrian, Staf perpustakaan FFTV.

Dalam seminar tersebut, dijelaskan bagaimana cara membangun eksistensi sebuah perpustakaan dari masa ke masa. Adanya pendekatan yang beragam bila berbicara perpustakaan dari masa lalu, masa sekarang dan masa mendatang, diantaranya collective centric, customer centric, experienced centric. Bila berbicara era sekarang, adanya upaya dari perpustakaan untuk tidak hanya terpaku sebagai tempat koleksi buku, memuaskan para pengunjung atau menawarkan pengalaman baru bagi pengunjung. Namun, perpustakaan dijadikan tempat di mana mampu menawarkan inovasi kegiatan yang beragam.