Beranda Berita Kunjungan Mahasiswa Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

Kunjungan Mahasiswa Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar

Fakultas Ilmu Komunikasi, Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar melakukan kunjungan persahabtan ke Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta pada hari Rabu, tanggal 11 Oktober 2017 dan diterima oleh Kaprodi S.1 Bapak Danu Murti, M.Sn., Kaprodi  D-III, Bapak hanief Jerry, M.Sn., Kasubbag. Akademik Bapak Sunarno, SE., M.Sn., Kaur. Humas, Tony M. Riswan, dan 2 orang dosen, yaitu Bapak Supriyanta, S.Sn. dan Bapak Ivan Putra, S.Sn. Rombaongan diterima di ruang di ruang Syuman Gedung Art Cinema FFTV. Ketua rombongan, Ibu  I Gusti Ayu Ratna Pramesti Dasih, S.Sos., M.Si. datang bersama 25 orang mahasiswa dan 3 orang dosen pendamping.

Tujuan kunjungan ke FFTV-IKJ adalah untuk mempererat hubungan lembaga yang selama ini sudah terjalin baik dan mempererat hubungan mahasiswa serta sharing pengetahuan yang lebih luas kepada para mahasiswa IHDN melalui diskusi dan nonton film, bareng praktisi dan dosen-dosen FFTV.

Program sebelumnya yang telah berjalan adalah kerjasama penyelenggaraan Workshop Produksi Film untuk dosen dan mahasiswa IHDN, kedepannya direncanakan akan diselenggarakan kegiatan serupa dengan rentang waktu yang lebih panjang yang akan diikuti oleh para pengajar di IHDN.

Para peserta kunjungan mendapatkan informasi lengkap dari para Kaprodi FFTV dan Kasubbag. Akademik tentang proses perkuliahan di FFTV, mekanisme pembimbingan pembuatan karya akhir maupun praktika terpadu. Dalam pembuatan tugas akhir, mahasiswa dituntut untuk membuat karya film dengan mengangkat tema tentang kearifan budaya local masing-masing daerah di Indonesia. Misalnya mahasiwa yang berasal dari Sumatera Barat, membuat film dengan tema kebudayaan Minang, mahasiswa dari Sumatra Utara membuat karya dengan kultur Batak, begitu pula mahasiwa dari daerah lainnya membuat film dengan tema kedaerahan masing-masing.

Acara selanjutnya adalah nonton film bareng dan diakhiri dengan kegiatan diskusi tentang proses pembuatan film mulai dari pasca produksi, produksi sampai pos produksi.