Beranda Berita Pembersihan Film dan Rencana Digitalisasi Film Karya Mahasiswa FFTV-IKJ

Pembersihan Film dan Rencana Digitalisasi Film Karya Mahasiswa FFTV-IKJ

Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta dan Sinematek Indonesia bekerjasama dalam penyimpanan,  perawatan dan pembersihan film-film seluloid 16 mm karya mahasiswa FFTV-IKJ dekade 1970an - 1980an. Film-film yang telah dititipkan di Sinematek Indonesia sejak tahun 2007 telah selesai dibersihkan dan akan segera didigitalisasi melalui proses  “Teleding” (telecine melalui perekaman ulang yang ditembakmelalui proyektor ke layar/dinding). Untuk proses telecine yang lebih baik, Fakultas Film dan Televisi IKJ  membuka peluang kerjasama dengan pihak lain untuk program digitalisasi ini.

Proses pembersihan film cukup menguras waktu dan tenaga. Kondisi film yang sudah tersimpan selama bertahun-tahun ini hampir semuanya dalam kondisi baik dan terawat namun ada beberapa reel film yang sudah asam dan meleleh sehingga tidak bisa diselamatkan. Sejumlah 41 seluloid film telah selesai dibersihkan dan siap untuk didigitalisasi tahun depan.

Gambar di atas adalah perbandingan antara film dan hasil” teleding” dari salah satu  shot  dalam film karya Nan T Achnas yang berjudul “Urip”.