Beranda Berita Pelepasan Rombongan Studi Penghayatan Lingkungan & Pengabdian Masyarakat 2018

Pelepasan Rombongan Studi Penghayatan Lingkungan & Pengabdian Masyarakat 2018

 

 

 

Mahasiswa semester I Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta melaksanakan kegiatan Studi Penghayatan Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat tahun 2018 ke Dusun Gendeng, Desa Bangun Jiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Kegiatan akan berlangsung selama 6 hari, dari tanggal 21 – 26 Januari 2018. Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 203 orang dan dibimbing oleh 5 orang pembimbing internal, 5 orang pendamping dan 10 orang panitia pendukung.

Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa akan belajar membuat wayang dengan media hard cartoon, belajar memainkan gamelan dan pedalangan. Tujuannya adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan lebih mengenal budaya dan kesenian lokal di daerah. Harapannya, mahasiswa bisa lebih menggali lebih dalam potensi-potensi budaya lokal dan mengangkatnya menjadi sebuah karya film.

Pelepasan rombongan peserta berlangsung pada minggu, 21 Januari 2018 pukul 07.30 WIB di depan Planetarium, kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta oleh Dekan FFTV IKJ, Bapak RB. Armantono, M.Sn.

Sebelumnya rombongan peserta mendapatkan pengarahan dari Wakil Dekan I FFTV yang sekaligus penanggungjawab kegiatan SPL, Bapak Arda Muhlisiun, M.Sn. Beliau memberikan sambutan tentang pentingnya mengikuti kegiatan ini sebagai bekal wawasan dan pengetahuan tentang budaya lokal didaerah.

 

 

Ketua SPL 2018 bapak Danu Murti, M.Sn dalam pembekalannya menekankan untuk selalu menjaga kesehatan, atitude dan nama baik Almamater. Selanjutnya peserta dilepas secara resmi untuk melaksanakan perjalanan ke dusun Gendeng, Desa Bangun Jiwo, Kasihan Bantul dengan menggunakan 5 buah bis.