Beranda Berita Studi Penghayatan Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat 2018

Studi Penghayatan Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat 2018

 

 

 

Kegiatan Studi Penghayatan Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat, mahasiswa Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta tahun 2018 telah selesai dilaksanakan. Kegiatan diselenggarakan selama enam hari, yaitu mulai tanggal 21 s.d. 26 Januari 2018 dipusatkan di Dukuh Gendeng, Desa Bangun Jiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Peserta SPL yang berjumlah 203 orang mahasiswa semester 1 FFTV-IKJ diserah terimakan kepada kepada kepala Desa untuk dibina dan dibekali wawasan serta pengetahuan tentang proses pembuatan wayang, pedalangan dan cara memainkan alat musik gamelan.

Rombongan diterima dan disambut oleh segenap staf dan kepala Desa Bangun Jiwo, Bapak Parja, ST., M.Si. bertempat di aula kantor Desa Bangunjiwo pada hari Senin, 22 Januari 2018 pukul 08.00 WIB. Turut hadir para tokoh masyarakat, ketua dan perwakilan paguyuban pengrajin wayang kulit Ngudimulyo dan turut dihadiri pula oleh anggota DPRD Kabupaten Bantul, Bapak Bibit Rusmanto, SH.

Peserta dibagi menjadi 20 kelompok kecil yang kemudian dikerucutkan lagi menjadi 3 kelompok besar yang akan secara terpisah mempelajari bagaimana proses pembuatan wayang, mempelajari pedalangan dan memainkan alat musik gamelan. Selama 2 hari para mahasiswa digembleng teori tentang sejarah dan falsapah pewayangan, tokoh wayang dilanjutkan praktek membuat wayang kulit, namun media yang dipakai adalah hard cartoon. Sebanyak 2 kelompok dilatih untuk memainkan gamelan dan 14 orang dari 7 kelompok dilatih pedalangan, sisanya 11 kelompok membuat wayang.

Pada hari Rabu malam, bertempat di pendopo Desa Bangunjiwo dilakukan penampilan pentas wayang oleh 5 kelompok yang disaksikan oleh para mahasiswa, pamong desa, anggota paguyuban wayang Ngudi Mulya dan masyarakat sekitar. Acara berakhir pada pukul 23.00 WIB.

 

Keesokan harinya, pada hari Kamis, tanggal 25 Januari 2018 agenda kegiatan Studi Penghayatan Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat adalah ziarah kubur ke makam almarhun Bapak Gotot Prakosa, S.Sn., M.Hum., dosen sekaligus mantan Dekan Fakultas Film dan Televisi IKJ periode 2008-2012 di pemakaman Kintelan, Dipowinatan MG 1 No. 26, Keparakan Mergangsang DIY. Selain ziarah ke makam alm. Gotot Prakosa, sebagian rombongan jugaberziarah ke makam almarhum Soemardjono di daerah Lempuyangan. Soemardjono merupakan salah satu founding father Institut Kesenian Jakarta. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendoakan, mengenang dan mengapresiasi jasa guru-guru yang telah berpulang mendahului kita. 


Setelah selesai kegiatan ziarah perwakilan rombongan pimpinan FFTV, dosen dan karyawan berkunjung ke Grabag, Magelang. Rombongan diterima oleh Ki Hartanto dan disambut oleh siswa-siswa yang sedang “mondok” untuk menuntut ilmu tentang perfilman di padepokan Grabag TV yang diasuh langsung oleh Ki Hartanto.

Rangkaian acara kegiatan Studi Penghayatan Lingkungan dan Pengabdian Masyarakat, mahasiswa Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta tahun 2018 ditutup dengan acara malam keakraban dengan menyuguhkan serangkaian acara yang dikemas dengan tajuk “FFTV-IKJ Got Talent 2018” bertempat di Raditio Hotel, Yogya dengan menampilkan pentas musik, tari dan awarding kepada juara “FFTV-IKJ Got Talent 2018”, serta awarding dari peserta kepada panitia.