Beranda Berita Festival Film Anak 2012

Festival Film Anak 2012

Dalam rangka Festival Film Anak 2012, diadakan seminar di Galeri Nasional pada tanggal 6 Desember 2012. Tema seminar ini adalah “Mencari Format Film dan Program TV Yang Sesuai Bagi Pendidikan Anak Usia Dini”.

Pembicara dalam seminar ini adalah Prof.Dr. Lydia Freyani Hawadi, Psi. (Direktur Jenderal PAUDNI) dengan makalahnya yang berjudul Kebijakan Nasional Pengembangan Film dan Program TV sebagai Media Pendidikan Anak Usia Dini; Key Simangunsong (Sutradara), dengan Proses Kreatif dalam Produksi Program TV yang Menghibur dan Mendidik Anak Usia Dini dalam Nilai Keluarga dan Nilai Sosial; dan Dina Rara (Peneliti) dengan Riset Sebagai Awal Pengembangan Ide Menjadi Naskah Program TV Untuk Menanamkan Nilai-nilai yang sesuai dengan Pengembangan Anak; dan Bambang Supriadi (Sineas) dengan makalahnya Proses Kreatif Produksi Film Layar Lebar yang Menghibur dan Memberikan Pendidikan Karakter. Sebagai moderator adalah Dra.Agustina Hendriati, Psi.,M.Si. (Dosen UNJ dan IKJ) dan Tomy W. Taslim, M. Sn. (Dosen Literasi Media FFTV – IKJ)

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Non Formal dan Informal (PAUDNI) - Kementeriaan Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerja sama dengan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan Fakultas Film dan Televisi (FFTV) sebagai pelaksana teknisnya.

 

Selain seminar juga digelar pemutaran film anak pada tanggal 7 – 9 Desember 2012 dari beberapa negara diantaranya Mexico, Australia, Brazil, China, Jerman dan Indonesia. Pemutaran film anak dilakukan di Studio XXI Taman Ismail Marzuki, dimana yang hadir berasal dari Sekolah PAUD, Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar di Jakarta. Selain itu juga disediakan media belajar bagi para peserta/penonton tentang teknik dasar dalam pembuatan animasi stop motion dan animasi 2 dimensi (flip book). ***