A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: _lang

Filename: models/Model_content.php

Line Number: 11

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/fftvikj/public_html/core/system/core/Exceptions.php:271)

Filename: core/Input.php

Line Number: 408

Fakultas Film dan Televisi- INSTITUT KESENIAN JAKARTA

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: _lang

Filename: models/Model_content.php

Line Number: 11

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: _lang

Filename: models/Model_content.php

Line Number: 102

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: _lang

Filename: models/Model_content.php

Line Number: 103

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index: _lang

Filename: views/view_content.php

Line Number: 8

AND ACTION ASIA KELIMA, SEBUAH PERTUKARAN MAHASISWA ASIA BIDANG PERFILMAN



 

 “...And Action Asia #5”, sebuah program pertukaran mahasiswa Asia bidang perfilman yang mengusung tema “Survival in Big City”. Kegiatan ini merupakan program kerjasama berkesinambungan antara Asia Centre Japan Foundation  dengan Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ). Pada program “...And Action Asia” sebelumnya, FFTV mengirimkan delegasi dosen dan mahasiswa FFTV-IKJ ke Jepang untuk mengikuti program “...And Action Asia #1” dan “...And Action Asia #2”. Pada program kelima, FFTV-IKJ didaulat menjadi tuan rumah untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut di Jakarta.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 2-13 Maret 2019 di Jakarta dengan diikuti oleh 21 mahasiswa dengan didampingi oleh 8 instruktur yang juga para pengajar sekolah film dari 5 negara di Asia, yaitu Jepang, Vietnam, Myanmar, Philipina dan Indonesia.

Fokus kegiatan adalah produksi film pendek dokumenter dengan tema “Survival in Big City”, masterclass tentang produksi film dokumenter, produksi 4 buah film dokumenter pendek dan diakhiri dengan pemutaran film untuk umum di studio XXI Taman Ismail Marzuki.

 

Pembukaan acara berlangsung pada hari Sabtu, 1 Maret 2019 bertempat di Auditorium Rektorat Institut Kesenian Jakarta yang dibuka oleh Director General Japan Foundation, Bapak Tsukamoto Norihara dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama IKJ, Ibu Suzen HR Tobing. Turut hadir juga Dekan FFTV-IKJ Bapak RB. Armantono, M.Sn., Bapak Arda Muhlisiun, M.Sn., Bapak Gerzon Ayawaila, M.Sn., Pimpinan Prodi dan Wakil Dekan Bidang Kerjasama FFTV sekaligus Ketua Pelaksanan kegiatan “...And Action Asia #5”, Ibu Suryana Paramita, M.Sn.

Hari kedua diisi dengan kegiatan masterclass tentang produksi film dokumenter oleh para sineas Indonesia yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam kegiatan produksi film. Ada tiga sesi masterclass yang yang masing-masing pembicaranya diisi oleh Yudi Datau (Directing), Tri Widyastuti (Production), dan Ensadi Joko (Director of Photography). Selain dihadiri oleh para peserta “...And Action Asia #5” masterclass dihadiri juga oleh para pelajar dan masyarakat umum.

 

Program selanjutnya diisi dengan kegiatan equipment workshop dan pemahaman penggunaan operasional kamera beserta aksesoris kamera dibawakan oleh Bapak Hadi Tjahyanto dari Sony Galva Indonesia yang mempresentasikan kamera FS5. Workshop penggunaan sound device and sennheiser oleh tim dari Indika Broadcasting System yang memperkenalkan basic audio application on field location pada peralatan sound devices. Selain tim dari Indika Jakarta, Bapak Susanto selaku sales manajer Jakarta juga membawa tim ahli langsung dari Singapura untuk kegiatan “... And Action Asia #05”

  

Selanjutnya seluruh peserta berkolaborasi dan dibagi menjadi 4 kelompok produksi yang akan membuat 4 buah film dokumenter pendek selama 8 hari. Para peserta melakukan kegiatan syuting di lokasi yang berbeda sesuai dengan jadwalnya masing-masing.

 

Setelah selesai kegiatan produksi, kegiatan hari Kedelapan - Kesepuluh, Sabtu, 9-10 Maret 2019 para peserta mengerjakan kegiatan pasca produksi, yaitu editing, mixing dan scoring musik film. Setiap peserta memiliki peran masing-masing untuk menyelesaikan proses pasca produksi sampai film selesai digarap dan siap untuk ditonton dalam kegiatan screening.

 

Setelah selesai melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan “...And Action Asia” yang berlangsung selama 12 hari sejak tanggal 1 Maret sampai tanggal 12 Maret 2019, akhirnya tiba di hari penutupan acara dengan kegiatan screening, diskusi film dan Closing ceremony.